Intip Bocoran Fitur Pada Android 14 serta Daftar HP yang Bisa Mencicipi Duluan

Hampir tiap tahun ada sistem operasi terbaru yang diperkenalkan oleh perusahaan multinasional asal Amerika Serikat, Google. Sistem Android 14 dikabarkan akan meluncur pada bulan kesembilan tahun ini.

Intip Bocoran Fitur Pada Android 14 serta Daftar HP yang Bisa Mencicipi Duluan
Ilustrasi Anroid 14


Meski masih ada sekitar waktu tujuh bulan lagi hingga perilisan, namun melansir dari situs web Android Developer, perilisan untuk Android 14 versi Developer Preview akan diluncurkan pada bulan ini. Dimana pada bulan berikutnya akan disusul dengan Developer Preview kedua.


Dan seperti yang sudah-sudah, nama untuk Android selalu menggunakan nama makanan seperti Tiramisu pada versi sebelumnya. Sementara untuk versi 14 nama makanan yang berawalan dengan huruf "U".


Untuk perilisannya sendiri, Android 14 Beta kabarnya akan terbagi dalam lima tahapan yang dibagikan pada tiap bulan sebelum versi finalnya rilis.


Jadwal Rilis Andoid 14

Developer Preview 1 (Februari 2023)

Developer Preview 2 ( Maret 2023)

Versi Beta 1 (April 2023)

Versi Beta 2 (Mei 2023)

Versi Beta 3 (Juni 2023)

Vetsi Beta 4 / 5 (Juli 2023)

Versi Final (Setelah Juli 2023)


Tentu saja dari setiap perilisan sistem operasi terbaru selalu menghadirkan baik fitur maupun peningkatan yang dinantikan oleh para pengguna Android.


Melansir dari CNN Indonesia, berikut adalah daftar smartphone Android milik Google yang sudah dipastikan dapat menikmati Android 14:

•Google Pixel 4a

•Google Pixel 5

•Google Pixel 5a

•Google Pixel 6

•Google Pixel 6 Pro

•Google Pixel 6a

•Google Pixel 7

•Google Pixel 7 Pro


Smentara itu, berikut bocoran fitur terbaru yang ada pada Android 14:

DeviceAsWebcam

Sebuah fitur yang kabarnya memungkinkan pengguna menyambungkan perangkat Android 14 mereka dan menggunakannya sebagai sebuah webcam bagi perangkat seperti PC.


Material You

Seperti pada versi sebelumnya, pada Android 14 juga tersemat fitur Material You. Dimana pengguna bisa dengan leluasa mengatur tampilan pada antarmuka.


Health Connect

Dari namanya saja sudah terbayang, dengan adanya fitur ini pengguna dapat memantau aktivitas olahraga serta kesehatan pada perangkat berbeda.


Konektivitas Satelit

Pada fitur lain ada Konektivitas Satelit, fitur yang kabarnya memungkinkan penggunanya untuk masih dapat berkomunikasi meski tengah berada dalam wilayah yang tidak terjangkau jaringan internet.


Gestur Navigasi Baru

Fitur lainnya ada gestur navigasi, dimana kabarnya fitur ini telah mengalami sejumlah peningkatan yang bisa mempermudah para pengguna dalam melakukan sejumlah gestur.


Fitur lainnya yang juga dikabarkan ada pada Anroid 14 adalah peningkatan kualitas jaringan untuk smartphone.