Attack on Titan: Karakteristik 9 Titan dan Para Pemilik

Attack on Titan adalah salah satu seri anime terpopuler di dunia yang saat ini tengah memasuki musim terakhir acaranya.


Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin adalah salah satu seri animasi Jepang terpopuler yang berhasil menawarkan visual yang sangat apik serta jalan cerita yang cukup mengerikan.


Lihah saja bagaimana dalam anime yang diangkat berdasarkan manga berjudul sama karya Hajime Isayama ini menggambarkan para umat manusia yang harus bertarung dan tak luput jadi mangsa para makhluk raksasa yang dijuluki Titan itu.


Saat ini Attack on Titan sudah memasuki musim terakhirnya, dimana banyak terdapat Titan dengan kemampuan spesial seperti yang dimiliki sang toko utama, Eren Yeager.


Pada ceritanya sendiri, para Titan dalam seri Shingeki no Kyojin berasal dari manusia yang berubah setelah melewati suatu proses transformasi. Mereka berubah setelah didalamnya mengalir sebuah cairan tulang belakang raksasa.


Setidaknya ada 9 Titan spesial yang terdapat dalam Attack on Titan, dimana kesembilan Titan ini memiliki julukan Titan Shifter.


Dan berikut adalah Para Pengguna dan Karakteristik sembilan Titan

1. Founding Titan

Founding Titan, Attack on Titan: Karakteristik 9 Titan dan Para Pemilik
dok. Attack on Titan Wiki Fandom


Titan yang pertama ada Founding Titan, Titan Shifter dengan kemampuan yang dikisahkan paling hebat. Adapun kemampuan utama yang dimiliki oleh Founding Titan adalah pada teriakannya, dimana itu dapat menciptakan Titan dari bangsa Eldia yang mendengarnya.


Selain dapat mengubah bangsa Eldia menjadi raksasa, kekuatan lain yang ada mampu mengendalikan perilaku dari Titan lain, bahkan sampai bisa memanipulasi ingatan serta tubuh dari Subjek Ymir (orang Eldia).


Pengguna

Adapun orang pertama yang memiliki kekuatan Founding Titan adalah Ymir Fritz, yang kemudian memiliki keturunan dengan mewarisi 9 jiwa Ymir dan membentuk 9 Titan Shifter.


Setelahnya, kekuatan ini jadi milik keluarga Fritz dan diwariskan turun temurun, sampai pada akhirnya Grisha (Ayah Eren dan Zeke) mengambilnya dan kini jadi milik Eren.



2. Colossal Titan

Colossal Titan, Attack on Titan: Karakteristik 9 Titan dan Para Pemilik
dok. Attack on Titan Wiki Fandom


Yang kedua ada Colossal Titan, raksasa yang pertama kali dalam seri anime Attack on Titan dengan tinggi yang melebihi tembok dan menghancurkan kampung halaman Eren serta menjadi awal dari dendam sang tokoh utama. 


Titan yang menjulang setinggi 60 meter ini memiliki kekuatan uap yang sangat panas, selain itu dia juga dapat menyebabkan kerusakan dengan jangkauan yang luas berkat tubuhnya yang besar. 


Pengguna

Pada awal anime, Bertholdt adalah pemilik kekuatan Colossal Titan. Setelahnya, kekuatan ini jadi milik Armi setelah perang di Shinganshina berakhir.



3. Warhamer Titan

Warhamer Titan, Attack on Titan: Karakteristik 9 Titan dan Para Pemilik
dok. Attack on Titan Wiki Fandom


Titan yang satu ini memiliki kekuatan yang paling unik diantara Sembilan Titan, dimana bisa memanfaatkan bagian tubuh raksasanya untuk dijadikan suatu benda tertentu.


Warhamer juga berbeda dari para Titan lain pada umunya, dimana penggunanya tidak berada pada bagian tengkuk leher raksasanya, melainkan dapat mengendalikan kekuatan ini dari jarak yang jauh.


Pengguna

Para pemilik kekuatan ini adalah bangsawan Eldia, para anggota keluarga Tybur secara turun temurun. Sebelum dikuasai oleh Eren, kekuatan Warhamer dimiliki oleh adik Willy Tybur. 



4. Attack Titan

Attack Titan, Attack on Titan: Karakteristik 9 Titan dan Para Pemilik
dok. Polygon


Kemunculan Titan Penyerang atau Attack Titan pertama kali diketahui saat cerita seri animenya tengah memasuki salah satu bagian yang menarik. 


Titan ini memiliki kemampuan yang dapat melihat jauh kedalam ingatan masa lalu dan masa depan para pemiliknya terdahulu, selain itu penggunanya bahkan bisa mengubah ingagat tersebut.


Pengguna

Sebelum Eren memiliki kekuatan Titan Penyerang, Grisha Yeager adalah pemilik kedua setelah mewarisi kekuatan itu dari Eren Krueger atau yang dikenal sebagai Owl.



5. Armored Titan

Armored Titan, Attack on Titan: Karakteristik 9 Titan dan Para Pemilik
dok. Attack on Titan Wiki Fandom


Raksasa spesial selanjutnya ada Armored Titan, dimana seluruh tubuhnya dilapisi dengan kulit sekeras zirah baja.


Pengguna

Hingga memasuki musim terakhirnya, Reiner Braun adalah satu-satunya orang pengguna kekuatan Armored Titan yang telah diketahui sejauh ini.



6. Jaw Titan

Jaw Titan, Attack on Titan: Karakteristik 9 Titan dan Para Pemilik
dok. Attack on Titan Wiki Fandom


Jaw Titan memiliki kemampuan atau kekuatan yang terletak pada kuku yang tajam serta rahang yang sangat kuat. Kekuatan itu bahkan dapat merontokan zirah yang dimiliki oleh Armored Titan.


Pengguan

Saat ini Falco Griece adalah pemilik kemampuan Jaw Titan, setelah ia secara tidak sengaja memakan Porco Galliard ketika bereaksi terhadap teriakan Zeke Yeager.


Sebelumnya, Jaw Titan dimiliki oleh Ymir yang memakan salah satu dari pejuang Marley.



7. Beast Titan

Beast Titan, Attack on Titan: Karakteristik 9 Titan dan Para Pemilik
dok. IMDb


Beast Titan memiliki wujud seperti hewan yang ada pada Zeke. Bentuk hewan yang ada pada Beast Titan dapat berbeda-beda tergantung pemiliknya. Beast Titan pada Zeke menyerupai seekor monyet raksasa dengan lengan yang panjang.


Adapun kekuatan yang dimilili Titan jenis ini tergantung pada jenis hewannya. Karena dalam diri Zeke mengalir darah seorang bangsawan, Beast Titannya juga memilikk kemampuan seperti yang ada pada Founding Titan.


Zeke mampu memberikan perintah kepada para Titan biasa, juga dapat mengubah para bangsa Eldia menjadi sosok raksasa hanya dengan teriakannya.


Pengguna

Sebelum Zeke Yeager menjadi Beast Titan, kekuatan ini dulunya dimiliki oleh tentara Marley yang sudah Ia anggap sebagai ayahnya.



8. Female Titan

Female Titan, Attack on Titan: Karakteristik 9 Titan dan Para Pemilik
dok. Greenscene


Seperti Founding Titan, Female Titan juga mempunyai kekuatan untuk dapat mengontrol Titan normal. Selain itu, jenis ini juga bisa melakukan pengerasan pada bagian tubuh tertentu seperti Armored Titan. 


Pengguna

Sampai saat ini, Annie Leonhart merupakan satu-satunya pengguna yang telah diketahui sebagai Female Titan. 



9. Cart Titan

Cart Titan, Attack on Titan: Karakteristik 9 Titan dan Para Pemilik
dok. Attack on Titan Wiki Fandom


Titan Shifter terakhir adalah Cart Titan, Titan yang berfungsi sebagai pendukung dalam hal mobilisasi pembawaan berbagai alat ketika berperang. Kemampuan Titan ini ada pada kelincahan serta pergerakannya yang cepat dalam bermanuver. Cart Titan juga berbeda dengan Titan lainnya, karena Ia bergerak merangkak seperti hewan berkaki empat.


Pengguna

Sebelum jadi milik Pieck Finger, tidak diketahui secara pasti siapa pengguna kemampuan ini sebelumnya. 



Itulah Karakteristik 9 Titan dan Para Pemilik yang ada pada seri anime Attack on Titan.