Mudik Gratis 2023 Bareng Pemkab Banjarnegara

Banjarnegara - Sekitar dua pekan dari sekarang kita semua akan segera memasuki bulan Ramadan, bulan dimana para umat Islam di seluruh dunia yang duah akil balig diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selam satu bulan penuh.

Mudik Lebaran Gratis 2023 Bareng Pemkab Banjarnegara
Ilustrasi Mudik Gratis 2023 Bareng Pemkab Banjarnegara (dok. Wikipedia)


Selain itu, bulan Ramadhan juga selalu identik dengan sebuah tradisi yang sudah belangsung sejak beberapa puluh tahun lalu, yakni Mudik atau pulang kampung.


Setiap tahunnya, mudik selalu jadi hal yang paling dinantikan oleh para perantau di tanah air. Setelah berbulan-bulan mengadu nasib di tengah hiruk pikuknya kota-kota besar, pulang kampung adalah hadiah terbaik yang didambakan.


Baik untuk sekedar melepas rindu pada keluarga di kampung, sanak saudara, teman-teman, sampai tidak ingin melewatkan momen-momen yang ada di bulan penuh berkah tersebut.


Dalam menyambut kedatangan kembali para calon pemudik yang akan datang, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dikabarkan tengah berencana untuk memberi fasilitas mudik Lebaran 2023 secara gratis bagi para warga yang merantau di Jakarta dan sekitarnya.


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara akan menyediakan sedikitnya 8 bus yang diperlirakan siap untuk mengangkut pemudik hingga 400 orang. 


Nantinya, para peserta mudik gratis Lebaran 2023 bersama Pemkab Banjarnegara akan mulai berangkat dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.


Muhammad Iqbal, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjarnegara menuturkan bahwasanya pada rencana mudik gratis Lebaran tahun ini, Pemkab Banjarnegara akan membantu menyediakan 8 bus untuk para warga yang hendak pulang kampung.


Dengan adanya mudik gratis yang diadakan oleh Pemkab Banjarnegara, mereka berharap agar warganya bisa pulang ke kampung halaman dengan selamat.


“Kegiatan mudik gratis ini selalu dilakukan dalam setiap tahun menjelang Lebaran, namun semenjak adanya Covid 19, mudik gratis ini ditiadakan. Kali ini kami siapkan kembali untuk membantu masyarakat Banjarnegara yang ada di Jakarta,” ujarnya, seperti dilansir dari serayunews


Nantinya Pemkab Banjarnegara akan berkoordinasi dengan paguyuban warga Banjarnegara yang ada di Ibu Kota dan sekitarnya mengenai teknis calon peserta program ini.