CEK UMUR AKUN DISCORD, CARA MELIHAT TAHUN PEMBUATAN DARI HANDPHONE

 Cara melihat kapan sebuah akun dibuat, bisa dengan cek umur akun discord. Ini memungkinkan pengguna mengetahui waktu pembuatan hanya mengandalkan handphone (HP) ataupun dari perangkat PC sekalipun.

Discord sebagaimana diketahui didirikan pada 2015 oleh Jason Citron, seorang pengembang game yang ingin membuat platform komunikasi yang lebih baik untuk gamer. Awalnya, platform dirancang sebagai layanan komunikasi yang ditujukan untuk pemain game, tetapi dengan cepat menjadi populer di luar komunitas gaming juga.

Platform ini menjadi dambaan pengguna berkat kemudahan berinteraksi dengan orang lain melalui obrolan teks, panggilan suara-video. Lebih-lebih ini juga menawarkan fitur-fitur tambahan yang sangat berguna, seperti kemampuan untuk membuat server khusus untuk kelompok tertentu dan integrasi dengan aplikasi lain.

Cek Umur Akun Discord, Cara Melihat Tahun Pembuatan Dari Handphone

Mengapa Orang Ingin Melihat Tahun Pembuatan Akun?

Baru-baru ini platform mengumumkan bahwa semua pengguna akan diminta untuk mengubah username mereka ‘dalam waktu dekat’. Dengan 150 juta pengguna aktif secara global, platform obrolan online memungkinkan individu untuk membuat dan bergabung dengan grup berdasarkan minat mereka.

Di sisi pengguna, sebelumnya pengguna dibedakan dengan nama sebelum simbol hash diikuti dengan empat digit. Namun, sistem baru ini akan mengharuskan pengguna untuk membuat nama khusus yang mengikuti simbol "@", menyelaraskannya dengan format yang digunakan oleh media sosial lain seperti Twitter ataupun Instagram.

Semua akun memang harus mengadopsi ketentuan baru ini, namun urutan proses pemilihan nama pengguna akan didasarkan pada usia akun, dimulai dari yang tertua. Akun paling tua jika melihat awal pembuatan Discord sendiri yaitu 2015, dan itu menjadi prioritas.

Sementara nama pengguna baru mungkin harus berupa alfanumerik dan dapat menyertakan garis bawah dan titik, meskipun, tidak seperti Twitter sepenuhnya, nama pengguna tersebut tidak boleh berisi jenis huruf kapital.

Cara Melihat ID Pengguna Dari HP

Langkah awal mengecek umur akun discord dari HP tentunya wajib mendapatkan terlebih dulu nomor identitasnya (ID), berikut cara melihatnya:

1. Pertama, buka aplikasi Discord yang terpasang di HP dan masuk sesuai kredensial akun Anda.

2. Usai berhasil masuk, gunakan ujung jari untuk menyentuh ikon pengaturan (icon gear) yang lokasinya berada di bagian kiri bawah layar, di samping nama Anda.

3. Setelah masuk ke menu pengaturan, ketuk tab ‘Advanced’ di sebelah kiri.

4. Gulir ke bawah hingga menjumpai opsi ‘Developer Mode’ dan aktifkan opsi ini dengan menggesernya ke kanan.

5. Setelah opsi "Developer Mode/Pengembang" diaktifkan, kembali ke tampilan akun dan lihat sudut kanan atas, di sana tampak simbol titik berjumlah tiga, sentuh itu.

6. Pilih opsi "Copy ID" dari menu yang ditampilkan.

7. Sekarang ID akun telah tersalin ke clipboard Anda dan dapat Anda tempelkan ke tempat lain.

Sekarang Anda sudah berhasil mendapatkan ID akun Discord-nya. Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah yang sama untuk melihat ID akun pengguna lain di server yang sama dengan Anda.

Cek Umur Akun Discord

Dengan mengetahui kapan pembuatan, maka seseorang dapat menghitung sudah berapa tahun akun tersebut dibuat. Untuk pengecekannya sendiri dapat menggunakan beberapa metode, dan ini mungkin yang paling praktis.

Cara cek usia akun di discord tidak selama yang dibayangkan, 3 metode ini pilihannya:

Mengecek di Web Discord.id

1 Kunjungi situs webnya

2 Masukkan atau tempelkan ID Discord sebelumnya telah di-copy pada bagian kosong

3 Sentuh ‘LookUp’

Mengecek lewat tools hugo.moe

1 Pergi ke halaman Hugo Moe

2 Input atau rekatkan Discord ID pada bidang yang disediakan

3 Menekan ‘check the date’ membuat alat tersebut menampilkan informasi akun tanggal, bulan, tahun dan jam

Mengecek Langsung di Aplikasi discord

1 Dari menu utama aplikasi, scroll layar ke arah bawah

2 Temukan ‘Debug Logs’

3 Sentuh menu Debug tersebut dan tahun awal mula ditampilkan


Setiap alat dan situs mungkin memiliki kebijakannya masing-masing, bila diperlukan, tinjau itu sebelum melakukan pengecekkan.