Mobile Legends: Daftar Para Tim Juara MSC 2017-2022

Sekitar satu bulan lagi Mobile Legends: Bang Bang akan mengadakan kompetisi MSC 2023 (Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup), dimana sedikitnya ada 12 Tim MLBB profesional dari berbagai region yang akan saling bertarung demi menjadi yang terbaik.

Mobile Legends: Daftar Para Tim Juara MSC 2017-2022


Meski awalnya hanya diperuntukan bagi para tim-tim terbaik di kawasan Asia Tenggara saja, namun sekarang MSC juga akan diikuti oleh peserta dari luar SEA. Adapun tim-tim yang akan ikut andil dalam gelaran MSC 2023 ada wilayah Amerika Latin, Amerika Utara, hingga Eropa.


Meski tidak sebesar gelaran M Series, namun tetap saja MSC menjadi salah satu kompetisi yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.



Daftar Para Tim Juara MSC

Sejak digelar pertama kali pada tahun 2017 silam di Mall Taman Anggrek, Jakarta, dengan delapan tim peserta, sedikitnya sudah ada lima tim Juara berbeda pada tiap gelarannya.



Juara MSC 2017 (IDONOTSLEEP Esports)

Tahun pertama diselenggarakannya MSC diikuti oleh delapan tim dari lima Negara, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura dan juga Thailand. 


Pada gelaran pertama tersebut, IDNS (IDONOTSLEEP Esports) berhasil keluar sebagai kampiun setelah mengalahkan wakil dari Filipina, Salty Salad, dalam babak Grand Final.



Juara MSC 2018 (Aether Main)

Pada tahun berikutnya, peserta MSC bertambah menjadi sepuluh tim dengan dua region baru (Myanmar dan Vietnam) ikut mengirimkan wakilnya.


MSC 2018 juga menghadirkan Juara baru asal Filipina, yakni Aether Main. Mereka sukse menjadi yang terbaik setelah mengalahkan tim senegaranya Digital Devils dengan skor telak, 3-0.



Juara MSC 2019 (ONIC Esports)

ONIC Esports yang saat itu masih dihuni oleh nama-nama seperti Antimage, Udil, Drian, Sasa, hingga Psychoo berhasil keluar sebagai kampiun. Mereka sukses mengamankan gelar tersebut setelah menaklukan tim lain asal Indonesia, Louvre dengan skor 3-0.



Juara MSC 2021 (Execration)

Setelah pada tahun 2020 MSC ditiadakan karena pandemi Covid-19, akhirnya gelaran terbesar Mobile Legends: Bang Bang di kawasan Asia Tenggara ini kembali bergulir.


Diikuti oleh 12 tim profesional dari delapan negara, MSC 2021 menjadikan nama Execration (Filipina) sebagai kampiun setelah mengandaskan perjuangan tim satu negaranya, Blacklist International dengan skor 4-1 dalam babak Grand Final (BO7).



Juara MSC 2022 (RSG Philippines)

Gelaran tahun lalu kembali menjadi milik wakil Filipina sekaligus mempertegas status mereka sebagai region tersukses dalam gelaran mid season ini.


Setelah sebelumnya kalah di Final Upper Bracket dari RRQ Hoshi dan harus turun ke Final Lower Bracket, RSG PH sukses maju ke babak Grand Final dan keluar sebagai juara dengan kemenangan telak atas wakil Indonesia dengan skor 4-0.



Itulah daftar para tim yang pernah manjadi Juara MSC dari tahun ke tahun. 


Mampukah wakil dari Indonesia membawa pulang piala MSC 2023 yang sebentar lagi akan berlangsung? Atau justru wakil Filipina kembali menunjukan dominasi mereka di skena Mobile Legends?