Mengenal Mother Bank, Grup Musik Emak-Emak Asal Jatiwangi dengan Gerakan Sosial

Belakangan ini, jagat media sosial tampaknya tengah ramai dengan foto yang menampilkan sekumpulan emak-emak dengan pakaian panjang serba pink ditambah sesuatu yang menyerupai peci hitam menjulang tinggi di atas kepala mereka.


Namun kalian tau gak siapa para emak-emak ini dan apa yang sebenarnya terjadi dibalik foto viral mereka? Buat kalian semua yang mungkin penasaran, simak informasi berikut ini.


Mengenal Mother Bank, Grup Musik Emak-Emak Asal Jatiwangi dengan Gerakan Sosial
Para personil grup musik Mother Bank saat syuting music video Jalan-Jalan.
(Kredit: IG @yesnowave)


Grup Musik bernama Mother Bank

Sekumpulan para wanita dengan pakaian serba pink ini adalah sebuah grup musik yang berisikan para emak-emak asal Jatiwangi, Majalengka. Bahkan, belakangan diketahui bahwa grup musik Mother Bank baru saja merilis sebuah mini album bertajuk "Tanggung Renteng" pada tanggal 19 Juni 2023 lalu. 


Daftar Lagu Tanggung Renteng

1. Wakare

2. Menanam

3. Jalan-Jalan

4. Pabrik

5. Bubaran Sunrise

6. Jor Bae


Mini album yang berisikan enam lagu tersebut pun dapat didownload dan didengarkan secara gratis lewat yesnowave. Buat kalian yang penasaran dan pengen download mini album Tanggung Renteng, pastikan kapasitas ruanh penyimpanan ponsel kalian masih cukup untuk menampung file berukuran 140MB.



Bagian Dari Sebuah Bank Eksperimental

Mengutip dari yesnowave, Mother Bank sendiri adalah sebuah bank eksperimental di Jatiwangi, Majalengka. Bank yang beroperasi seperti koperasi keliling (bank emok) ini diinisiasi oleh kelompok riset artistik Badan Kajian Pertahanan (BKP) pada 2021 lalu.


Mother Bank lahir sebagai bahian dari gelombang #aktivismedarurat pada masa pamdemi covid-19 yang difungsikan sebagai ekosistem pengaman ekonomi terdekat dan termudah bagi para warga kampung Wates, dimana sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai buruh harian yang kala itu kehilangan mata pencahariannya.


Salah satu aktivitas yang digagas oleh Mother Bank adalah munculnya sebuah kelompok atau grup musik, di mana rata-rata para nasabah wanita menjadi personilnya.



Bawa Tujuan Mulia

Berbeda dengan koperasi atau bank keliling yang kerap memiliki bunga cukup tinggi, Mother Bank membawa gerakan sosial dengan misi mulia, bank yang dikelola bersama-sama ini menawarkan pinjaman dengan bunga nol persen.



Dibalik Foto Viral Grup Musik Mother Bank

Setelah sebelumnya ada beberapa warganet yang menyandingkan foto para personil Mother Bank dengan cover album "Detourne" milik The S.I.G.I.T., akhirnya sekarang terjawab sudah apa yang terjadi di balik foto tersebut.


Ya, foto tersebut diambil dari official music video Jalan-Jalan milik grup musik Mother Bank yang dirilis pada tanggal 18 Juni 2023 lalu, dimana MV tersebut bisa disaksikan di kanal YouTube Yes No Wave Music.