Playlist Lagu Hari Kemerdekaan Buat Temani 17 Agustus Kalian

Hanya dalam kurun waktu kurang dari 24 jam lagi, Negara Kesatuan Republik Indonesia bakalan memperingati hari jadi yang ke-78 tahun. Pada tanggal 17 Agustus juga banyak orang yang mengikuti upacaca pengibaran bendera Merah Putih di berbagai wilayah.


Tidak hanya upacara saja, masih banyak hal lagi yang dilakukan oleh banyak masyarakat dalam menyambut hari spesial tersebut, seperti karnaval hingga lomba-lomba yang kerap hadir di penjuru negeri.


Dan dalam banyaknya rangkaian kegiatan yang dilakukan, pastinya kalian kerap memilih dan memutar berbagai lagu demi menambah meriah dan semangat acara yang diadakan.


Namun kadang kalian bosen gak sih dengerin lagu yang itu-itu saja, misalnya saja dangdut atau musik dj jedag jedug yang kerap diputar disetiap kesempatan itu? Jika iya, kalian bisa banget nih menyimak playlist lagu buat lebih menambah warna musik pengiring acara yang kalian lakukan.


Playlist Lagu Hari Kemerdekaan Buat Temani 17 Agustus Kalian
(Kredit: Bru-nO/Pixabay)


Hari Merdeka

Yang pertama pastinya ada lagu nasional Hari Merdeka karya dari Sayyid Muhammad Husein bin Salim bin Ahmad bin Salim bin Ahmad al-Muthahar atau yang lebih dikenal dengan nama H. Mutahar. 


Dirilis pada tahun 1946 atau setahun berselang setelah negara kita meraih kemerdakaan, Hari Merdeka yang mengajak kita untuk tetap setia dan mempertahankan Indonesia wajib banget kalian masukin ke playlist kemerdekaan.



Bendera

Berikutnya ada salah satu lagu populer dari band Cokelat, Bendera. Lagu yang dirilis pada tahun 2002 dan masuk dalam album Rasa Baru ini pastinya juga harus kalian putar di tanggal 17 Agustus. Pasalnya lagu yang ditulis oleh Eross Candra ini membawa sebuah semangat yang wajib tetap kita jaga.



Menjadi Indonesia

Lagu lainnya yang mungkin tidak sepopuler Bendera adalah Menjadi Indonesia milik band Efek Rumah Kaca yang beberapa waktu lalu baru saja merilis album terbarunya, Rimpang.


Pada lagu yang ditulis oleh Cholil Mahmud ini kita bakalan diajak buat bangun dari tidur berkepanjangan, sebelum menjelma dan menjadi Indonesia.



Aku Anak Indonesia

Selanjutnya ada lagu berjudul Aku Anak Indonesia yang dibawakan oleh salah satu band keren dari pulau Dewata, Superman Is Dead. Dirilis pada tahun 2011 silam, lagu ini jadi soundtrack untuk film drama musikal Ambilkan Bulan (2012).



Garuda di Dadaku

Salah satu yang bisa banget kamu masukin kedalam playlist kemerdekaan adalah Garuda di Dadaku. Netral atau yang sekarang telah berganti nama menjadi NTRL adalah band yang membawakan salah satu yang sering dinyanyikan oleh para masyarakat.



Rumah Kita

Pada tahun 1988, band God Bless merilis salah satu lagu yang populer yang kerap dinyanyikan ulang oleh para penyanyi, Rumah Kita. Dalam rangka memeriahkan bulan kemerdakaan ini, kayaknya lagu yang satu ini wajib masuk playlist kalian buat temani acara.



Kebyar Kebyar

Lagu lain yang bisa banget kalian putar untuk memeriahkan 17 Agustus adalah Kebyar Kebyar dari salah satu penyanyi legend Indonesia, Gombloh. Pasalnya lagu yang masuk dalam album Pesan Buat Negeriku ini punya lirik yang sangat menarik.

"Biarpun bumi berguncang Kau tetap Indonesiaku"

"Andaikan matahari terbit dari barat Kau pun Indonesiaku"



Front Pembela Indonesia

Pada bulan Agustus 2017, Label Biasa mendistribusikan sebuah lagu berjudul Front Pembela Indonesia milik band Semenjana. Lewat lagu tersebut, Semenjana seolah ingin menyindir serta mengajak kita untuk sadar bahwa "Dia menginginkan kita mencintai manusia dan alam semesta".


Semenjana juga mempertegas melalui lirik berikutnya "percuma kau beragama tapi tak punya hati, percuma kau beragama tapi tak bernurani".



Itulah beberapa lagu yang bisa kalian masukan kedalam playlist kemerdakaan. Untuk lagu lainnya, kalian bisa mencari di berbagai platform streaming musik seperti Spotify dengan keyword 17 Agustus hingga Hari Memerdekaan.