Rekomendasi Playlist Lagu Buat Temani Bulan Ramadhan Kamu

Tlagaswara.com - Hanya dalam hitungan hari lagi, bulan Ramadhan akan segera tiba, dimana ada begitu banyak umat Islam di seluruh penjuru dunia yang menyambut dengan gembira kedatangan bulan yang suci ini.


Bulan Ramadhan selalu identik dengan berbagai hal yang kerap muncul secara musiman, seperti kolak, petasan, tadarus di masjid, hingga musik atau lagu bernuansa religi yang wara-wiri diputar.


Nah ngomong-ngomong soal lagu, kalian punya playlist yang sering diputar untuk menemani keseharian di bulan Ramadhan gak? Atau bahkan mungkin sedang mencari?

Rekomendasi Playlist Lagu Buat Temani Bulan Ramadhan Kamu


Berikut ini kami rekomendasikan playlist lagu buat temani keseharian kalian di bulan Ramadhan.


Cupumanik

Nomor pertama ada band grunge asal kota Kembang, Cupumanik. Selain menawarkan musik yang keras dengan lirik yang kritis, band yang digawangi oleh Che ini juga memiliki lagu dengan lirik yang nggak kalah keren dengan penyanyi religi macam Opick.


Misalnya pada lagu ketujuh pada album Menggugat (2014) yang berjudul Syair Manunggal, dimana mereka terus bertanya dan mencoba untuk membuktikan agar merasa yakin hingga tak tergoyahkan.


Cupumanik mencoba menjaga sucinya jiwa mereka dan memurnikan hati, agar kelak  pantas untuk Dia jumpai. Atau pada potongan lirik berikut:

"Aku ingin dekat tak berjarak dan menyatu dengan Mu

Kau yang menciptakan aku langit dan bumi

Semoga Kau hadir dan bersemayam dalam seluruh kesadaranku"



Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca, band indie yang sudah tidak menjadi trio minimalis ini tidak hanya memiliki lagu-lagu dengan lirik yang bertemakan politik dan membahas isu-isu sosial saja, tapi juga mempunyai lagu dengan lirik yang cocok buat didengerin pas bulan puasa.


Misalnya saja pada lagu berjudul Debu-Debu Berterbangan, dimana mereka membawa kita untuk melihat perilaku manusia yang tersesat dan kerap membiaskan sesuatu yang haram. Dan pada saatnya nanti, kita sebagai manusia akan merugi kemudian menyesali perbuatan tersebut.


Atau pada trek Putih dengan fragmen 'Tiada' yang masuk dalam album Sinestesia, dimana Efek Rumah Kaca mengajak pendengarnya untuk bersiap menghadapi kematian yang bisa datang kapan saja dan dimana saja.




Fstvlst

Lagu yang bisa kalian masukkan ke playlist bulan Ramadhan selanjutnya adalah Menantang Rasi Bintang dari salah satu band asal Yogyakarta, yakni Fstvlst.


Pada lagu tersebut, Fstvlst (Festivalist) mencoba mengajak kita untuk segera menyudahi segala kesedihan yang ada, serta

mulai bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikanNya sehingga kita bisa merasakan kebahagiaan.



Jirapah 

Selanjutnya ada Planetarium (2019) dari band indie rock Jakarta, Jirapah, sebuah album yang menurut Pophariini penuh dengan ruang-ruang perenungan seperti kenangan, angan, kenestapaan, kemarahan dan kegelishan lainnya.


Kesembilan lagu yang ada pada album ini bisa dibilang pas buat menemani hari-hari di bulan puasa, karena selain menawarkan musik yang asik untuk diikuti, terdapat juga lirik-lirik yang penuh dengan ruang perenungan.


Lihat saja pada single yang berjudul sama seperti albumnya, dimana "Ketika sinar lenyap, kita kan berakhir" atau pada Bekerja yang menggambarkan bagaimana kita kerap mengejat sesuatu yang tidak terlihat.



Semenjana

Berikutnya ada Semenjana, band indie folk akustik yang beranggotakan empat pria. Pada single Tujuannya yang masuk dalam album Kalimatera, mereka mempertanyakan kenapa kita masih kerap bertengkar satu sama lain hanya karena suatu hal kecil yang tampak tidak begitu bermakna dan juga perbedaan.


Semenjana juga mengungkapkan bahwasanya keberadaam surga dan neraka adalah untuk memanusiakan manusia, jadi gak perlu ribut mulu dan saling mengkafirkan.


Atau pada single lainnya yang bertajuk Front Pembel Indonesia, dimana mereka sekali lagi mempertanyakan mereka yang mengaku beragama tapi tak punya hati nurani. Karena bahwasanya Dia menginginkan kita untuk saling mengasihi satu sama lain dan juga alam semesta.



Polka Wars

Band indie rock yang kini sudah menjadi trio ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang mungkin susah khatam lagu-lagu religi populer yang kerap muncul selama bulan puasa.


Mulai dari single berjudul Rangkum pada EP / NY yang memilili MV keren, hingga Suar (ft Sandrayati Fay) yang masuk dalam album Bani Bumi (2019) bisa kalian masukkan dalam Playlist bulan Ramadhan kalian.



Sore

Band yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penikmat musik indie di tanah air, dimana para personelnya memainkan alat musik seperti gitar dan bass menggunakan tangan kiri.


Bukan hanya menyajikan musik dan lirik yang manis, Sore atau Sore Ze Band juga mengajak pendengarnya untuk merenung bersama lewat lagu-lagunya. Misalnya pada lagu berjudul 8, Aku, Keangkuhanku, Para Pelesir Semu, hingga Plastik Kita.


Dimana pada lagu-lagu tersebut tredapat lirik-lirik seperti "Apakah dunia sudah mendua terhadap asalnya?", "Aku hanya seorang manusia belaka".



Itulah rekomendasi beberapa lagu yang bisa kalian masukkan kedalam playlist musik bulan Ramadhan