Aplikasi Nothing Chats Beta Dihapus dari Google Play Store Imbas Masalah Privasi-Apple Siapkan RCS

 

Nothing Partnerships Google Play
Aplikasi Nothing Chats Beta Dihapus dari Google Play Store Imbas Masalah Privasi, Sementara Apple Sedang Menyiapkan RCS Messaging/Screenshot/Google Play/Nothing Partnerships/


Tlagaswara.com - Selang sehari setelah perilisan, produsen elektronik global Nothing dengan cepat menghapus aplikasi beta baru 'Nothing Chats' dari Google Play Store, dengan alasan masalah privasi. Aplikasi ini didukung oleh platform perpesanan Sunbird dan dibuat untuk bekerja dengan iMessage Apple.

Tidak ada yang mengungkapkan penghapusan aplikasi beta dan penundaan pengenalannya hingga pemberitahuan lebih lanjut dalam pengumuman yang dipublikasikan di X pada hari Sabtu.

Pernyataan dari perusahaan tersebut berbunyi, “Kami telah menghapus Nothing Chats beta dari Play Store dan akan menunda peluncurannya hingga pemberitahuan lebih lanjut untuk bekerja sama dengan Sunbird guna memperbaiki beberapa bug. Kami mohon maaf atas keterlambatan ini dan akan melakukan yang benar oleh pengguna kami".

The Verge melaporkan bahwa keputusan ini dibuat sebagai tanggapan terhadap orang-orang yang memposting postingan blog dari Texts yang menyatakan keprihatinan atas enkripsi pesan Sunbird, menekankan bahwa enkripsi tersebut tidak ujung ke ujung dan mudah diretas.

Menurut temuan Dylan Roussel, yang dilaporkan di 9to5Google, metode Sunbird terdiri dari mendekripsi dan mengirim pesan melalui HTTP ke server sinkronisasi cloud Firebase, yang kemudian disimpan dalam format teks biasa tanpa enkripsi.

Roussel menekankan bahwa Sunbird dapat membaca semua pesan yang dikirim dan diterima melalui aplikasi karena Sentry, layanan debugging, menandai pesan-pesan ini sebagai kegagalan.

Menanggapi hal tersebut, Sunbird mengatakan bahwa HTTP "hanya digunakan sebagai bagian dari permintaan awal satu kali dari aplikasi yang memberitahukan back-end tentang koneksi iMessage yang akan datang."

Nothing Chats pertama kali dipublikasikan pada m 14 November dan tersedia dalam versi beta pada 17 November. Penarikan tiba-tiba ini sebagai pengingat betapa pentingnya menangani masalah privasi dalam aplikasi perpesanan, terutama ketika berhadapan dengan informasi pribadi pengguna.

Nothing Chats adalah aplikasi baru yang memungkinkan pengguna produk Nothing Phone 2 mengirim iMessages ke iPhone, atau iOS lainnya.

Sementara itu, secara mengejutkan, Apple beri pengumuman bahwa mereka akan menerapkan protokol perpesanan RCS (Rich Communication Services). Fitur yang akan ditambahkan melalui pembaruan perangkat lunak akhir tahun, menawarkan sejumlah besar fungsi mirip iMessage kepada pengguna iPhone dan Android.

Apple tampaknya tengah berusaha menjawab tantangan dari para kompetitornya melalui RCS ini, seperti aplikasi perpesanan lintas platform Nothing chats, hingga Google yang lebih dulu mengadopsi RCS.

Hal yang disiapkan Apple ini juga bertepatan dengan pengembangan RCS menjadi platform yang lebih canggih dibandingkan sebelumnya.

Di sisi lain, Google sudah memulai kampanye setahun sebelumnya yang disebut Get the Message. “Dengan tidak memasukkan RCS, Apple menghambat industri dan menghambat pengalaman pengguna tidak hanya bagi pengguna Android tetapi juga pelanggan mereka sendiri,” tulis petinggi Google, Hiroshi Lockheimer di akun media sosial X tahun lalu.